Kamis, 11 Oktober 2007

1 Minggu Menuju Perubahan



Pernahkah anda memikirkan apakah hidup anda saat ini telah optimal? Adakah hal lain di luar pengetahuan anda saat ini yang dapat anda lakukan? Apakah anda mampu meningkatkan kualitas hidup di setiap hari? Semua pertanyaan tersebut memiliki satu kesamaan; semuanya berkaitan dengan perubahan. Sehingga pada artikel kali ini saya akan menjelaskan salah satu mekanisme yang dapat memfasilitasi terjadinya perubahan di diri anda. Untuk mewujudkan berbagai perbaikan pada berbagai aspek yang anda inginkan.

Mungkin anda telah mendefinisikan berbagai perbaikan yang ingin anda wujudkan di diri anda saat ini. Mungkin juga seperti kebanyakan orang, anda melihat atau merasakan bahwa perubahan merupakan suatu yang sulit. Anda mungkin telah membuat beberapa kemajuan, namun tidak seberapa lama setelahnya kembali mengalami kemunduran, sehingga posisi anda kembali sama seperti sebelumnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Salah satu faktor yang membuat perubahan terasa sulit adalah karena kebanyakan individu menginginkan hasil yang instan. Di zaman (edan ) ini, hampir semua hal mulai dari makanan hingga gelar, bisa disajikan serba instan. Tidak mengheran jika kemudian banyak individu yang lupa akan pentingnya proses (baca: kerja keras). Pernahkah anda menilai berbagai kondisi diri anda saat ini? Mungkin memberikan nilai pada disiplin pribadi anda saat ini? Dapatkah anda membayangkan jika nilai disiplin pribadi anda saat ini berada di angka 3 (dalam skala 1-10) dan anda ingin berada di angka 10 keesokan harinya. Dapatkah anda membayangkan betapa banyak dan besarnya kerja yang harus anda lakukan? Tidakkah hal tersebut merupakan suatu yang sangat sulit?

Mungkin anda bersedia untuk mengejar impian akan perubahan dengan membayar semua harganya, seperti kerja keras. Namun ketika anda mendapati hasil akhir yang tidak sesuai dengan harapan, moral anda kembali jatuh. Anda menjadi skeptis bahkan tidak percaya perubahan dapat anda lakukan. Anda menyingkirkan semua impian mengenai perubahan. Jangankan melakukan perjuangan untuk perubahan, memimpikan perubahan saja anda tidak mau. Anda berkesimpulan bahwa anda tidak mungkin lagi berubah atau anda berpikir inilah nasib anda. Anda berkeyakinan semua orang yang dapat berubah di luar sana adalah mereka yang diberkahi. Sehingga jadilah anda sebagai penonton drama kehidupan .

Stop!!! Berhenti berpikir demikian! Pikiran mengarahkan tindakan dan tindakan membawa hasil. Tentunya anda tidak ingin di sepanjang hidup menjadi seorang pecundang dan menyesali mengapa pernah dilahirkan di dunia. Anda harus menghentikan semua pemikiran tersebut karena sebenarnya perubahan sangat dimungkinkan jika anda mengetahui caranya. Salah satu karakter manusia cerdas adalah mengetahui hal yang ia inginkan dan mengetahui di mana ia bisa mendapatkannya. Sehingga dengan kecerdasan anda, tentunya anda dapat memahami salah satu metode perubahan yang akan saya uraikan berikut.

Perubahan pada hakekatnya merupakan suatu proses pembelajaran. Anda dapat mempelajari cara baru untuk melakukan sesuatu atau menyikapi stimulus tertentu yang datang dari dalam atau luar diri anda. Guna mencapai hasil pembelajaran yang optimal, anda perlu memecah hal yang ingin dipelajari menjadi bagian-bagian yang lebih kecil chunking.

"To master certain task, what's required is that the task be organized into small pieces or chunks, so that one can practice each of the small chunk individually until one have mastered the whole task."

Hal ini selaras dengan kelimat bijak berikut:

"Don't bite more than you can chew..."
dan
"A journey of thousands miles begins with one step…"

Perubahan menjadi jauh lebih mudah jika dilakukan dalam satuan yang lebih kecil. Kembali lagi ke analogi disiplin pribadi, jika saat ini anda berada pada nilai 3, jauh lebih mudah jika anda memusatkan seluruh potensi untuk mencapai nilai 4 atau 5 terlebih dahulu. Perubahan jauh lebih mudah dicapai jika anda melakukannya dalam satuan waktu yang lebih singkat terlebih dahulu, misalnya dalam satuan minggu.

Ketika anda menargetkan perubahan dalam periode 1 (satu) minggu, maka semua hal menjadi jauh lebih mudah. Seluruh usaha yang anda lakukan terasa jauh lebih mudah. Anda tentunya jauh lebih mampu untuk tidak merokok dalam periode 1 minggu, dibandingkan berhenti merokok selamanya. (mimpi kali yee...)

Ketika anda melakukan perubahan selama 1 minggu banyak hal yang terjadi. Di setiap hari anda selalu terpusat pada penantian menuju hari kebebasan di hari ke tujuh. Meminjam kata-kata Milton Erickson mengenai pertumbuhan dan kegembiraan, "Tidak ada hal lain yang lebih mengasyikan dibandingkan menanam bibit dan menunggu seperti apa bunga yang akan muncul setelahnya." Ketika seluruh pikiran anda terpusat hanya pada membayangkan apa yang akan terjadi di hari ke tujuh, anda lupa dengan berbagai kesulitan yang muncul saat menjalani proses perubahan.

Melakukan perubahan hanya untuk satu minggu terasa sangat mudah sekali. Kemudahan yang anda rasakan tentunya dapat meningkatkan moral dan semangat juang anda untuk terus melanjutkan menapaki jalan perubahan menuju hasil yang permanen.

Di akhir minggu anda pun dapat memutuskan apakah hasil yang anda dapat sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jika anda mengangap hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan, maka anda dapat selalu melakukan beberapa modifikasi untuk periode 1 minggu selanjutnya. Anda bahkan dapat pula menentukan apakah hasil yang diraih berguna bagi anda pada jangka panjang. Sehingga anda memiliki kebebasan untuk mendesain diri anda sepenuhnya.> Tidakkah hal terbaik dalam hidup adalah ketika anda dapat menentukan nasib anda sendiri, be the master for yourself.

Perubahan yang terjadi pada diri anda selama satu minggu dapat menjadi modal yang cukup bagi anda untuk mengalahkan resistensi dan kelembaman yang umum terjadi pada kebanyakan individu saat akan melakukan perubahan. Dengan mengalahkan berbagai kelembaman tersebut maka langkah anda selanjutnya terasa lebih mudah. Bayangkan saat anda mendorong mobil mogok, awalnya mungkin terasa sangat berat namun ketika masing-masing ban mobil telah bergerak, walaupun perlahan, selanjutnya mobil terasa lebih ringan.

Keberhasilan anda melakukan perubahan selama satu minggu dapat menjadi "bukti" bahwa anda mampu melakukannya. Terkadang saat ingin melakukan perubahan, banyak klien saya yang mempertanyakan kemampuan dirinya sendiri. Mereka belum memiliki keyakinan bahwa perubahan yang mereka inginkan sangat dimungkinkan. Mereka belum memiliki "bukti" mengenai perubahan tersebut atau orang lain yang telah mendapatinya. Segera setelah mereka memiliki "bukti" bahwa mereka bisa, umumnya hal selanjutnya lebih mudah bagi mereka. Sehingga ketika anda memutuskan untuk melakukan hal yang sama untuk minggu kedua anda baru saja menanamkan bibit kebiasaan baru, kebiasaan untuk memutuskan melakukan hal yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah beberapa saat tanpa anda sadari semuanya telah berlangsung secara otomatis.

Salah satu klien saya menganggap bahwa dirinya tidak akan pernah bisa berhenti merokok. Namun kabar baiknya, ia bersedia untuk melakukan apa pun. Setelah beberapa saat melakukan perubahan bertahap per satu minggu, tidak hanya ia berhenti merokok, namun setiap kali merokok tenggorokannya terasa tidak enak. Hal yang aneh, menurut saya, bagi sesorang yang biasa merokok dua bungkus A-mild setiap harinya ?.

Terkadang dalam melakukan perubahan anda sesekali mungkin kembali terseret mundur. Saya sering kali mendapati hal ketika klien memberikan penjelasan,"Saat itu saya sama sekali tidak kuat menahan untuk tidak X!" (X kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan). Menurut saya apa yang dikatakan sangat manusiawi sekaligus menunjukan bahwa hal tersebut cukup menantang bagi dirinya. Tentu saja untuk berubah dibutuhkan kerja keras dan disiplin pribadi (anda dapat membaca artikel Menumbuhkan Disiplin Pribadi Dalam 2½ menit). Saya tidak mengatakan perubahan akan mudah, namun sebaliknya perubahan dapat terasa sangat menyenangkan. Bayangkan ketika anda bermain game, jika game yang anda mainkan telah menjadi terlalu mudah bagi anda, anda tentunya ingin melanjutkan ke tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Dengan demikian muncul kembali berbagai tantangan dan keasyikan saat bermain game.

Dalam melakukan metode perubahan ini, anda perlu memiliki jurnal atau catatan yang berisi berbagai informasi seputar proses perubahan yang tengah anda jalani. Anda perlu mengetahui berbagai faktor dan kondisi yang membuat anda gagal. Dengan demikian anda dapat mengukur kemajuan yang telah anda raih.

Kini saya akan mengemukakan pengalaman saya berkenaan dengan perubahan yang saya lakukan dengan metode ini . Sebelumnya saya memiliki kesulitan untuk bangun di pagi hari. Saya mengetahui bahwa bangun di pagi hari dapat meningkatkan produktifitas, namun untuk melakukannya sangat sulit bagi saya saat itu. Sebelumnya saya biasa terbangun sekitar pukul 10 atau 11 siang dan mulai beraktifitas pada pukul 12 siang hingga selesai.

Keinginan saya yang sangat besar untuk bangun pagi, memotivasi saya untuk melakukan perubahan. Saya pun mulai melakukan program perubahan mingguan, yang saya awali dengan target untuk bangun tidur jam 9.30. Setelah beberapa saat terbiasa, saya kembali memajukan target menjadi pukul 9.00. Demikian seterusnya hingga saya berhasil bangun pada pukul 6.00. Hingga saat ini saya masih memasang target lebih awal lagi dan melanjutkan dengan program perubahan mingguan dengan berbagai agenda yang lain.

Untuk memberikan ide mengenai berbagai hal yang dapat diperbaiki dari hidup anda, saya akan memberikan beberapa hal sebagai permulaan:


  • berolahraga setiap hari

  • berhenti merokok atau kebiasan buruk lainnya

  • bangun lebih pagi

  • menelpon klien prospektif setiap hari sebanyak 5 orang/hari

  • pulang kantor/kuliah/sekolah tepat waktu

  • berhenti menonton tayangan TV yang tidak berguna




Keutamaan dari metode ini terletak pada kemudahan dan kesederhanaannya. Sehingga ketika anda melakukan hal ini segera tanpa anda sadari anda telah menjalaninya untuk beberapa saat. Hal penting untuk diingat adalah ketika anda telah berhasil pada beberapa periode, anda perlu meningkatkan tantangannya. Sehingga di setiap saat anda mendapati peningkatan kualitas hidup anda.

Saya sangat senang mendengar berbagai pencapaian anda dengan metode ini. Anda dapat menceritakan berbagai perkembangan yang telah anda rasakan kepada saya melalui e-mail atau dengan mengisi komentar pada halaman guest book.

Semoga hidup anda menjadi lebih baik!!!!

Artikel ini ditulis oleh Yovan Pino Putra, Cht
Atas izinnya, artikel ini ditampilkan di Blogger/BlogSpot.com

Silakan kunjungi www.PrimaStudy.com untuk informasi yang lebih lengkap.

Tidak ada komentar: